Senin, 24 September 2007

e-commerce


Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke www.sony-ak.com adalah pertanyaan yang sebenarnya sangat sederhana seputar dunia IT atau komputer. Tulisan kali ini juga diilhami dari salah seorang penanya yang ingin tahu apa yang dimaksud dengan istilah e-commerce.
Definisi e-commerce (atau yang sering disebut juga dengan e-business) adalah melakukan kegiatan bisnis (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer. Lebih tajam lagi definisinya adalah kegiatan menjual atau membeli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital. Di dalam e-commerce ini bisa melibatkan lebih dari satu perusahaan (inter-company) atau hanya sebatas dalam perusahaan saja (intra-company). Kegiatan elektronik yang mendukung dalam e-commerce bisa meliputi penggunaan e-mail, EDI (Electronic Data Interchange), transfer file, fax, video conferencing atau berinteraksi dengan komputer di tempat lain.
Jika Anda menyimak di internet maka kegiatan e-commerce sudah sampai memanfaatkan web sebagai sarana etalase produk atau jasa. Kegiatan transfer uang secara digital (seperti PayPal) itu juga sangat mendukung e-commerce. Anda bisa menjual barang atau jasa Anda di internet bahkan melayani pembayaranpun secara elektronik di internet.
Apakah e-commerce aman? Tidak ada sistem yang 100% aman, demikian juga halnya dengan e-commerce. Tetapi satu hal yang perlu Anda ingat adalah semuanya pasti mengandung resiko. E-commerce tercipta karena kebutuhan masyarakat yang ingin bertransaksi dengan cepat dan praktis. Saat ini sudah banyak teknologi keamanan komputer yang dibuat untuk mengamankan transaksi dalam e-commerce, contohnya seperti enkripsi, penggunaan kunci dan lain sebagainya.
Bagaimana mengenai pembayarannya? Dalam transaksi e-commerce untuk pembayarannya bisa menggunakan transfer uang secara digital seperti melalui account PayPal atau juga menggunakan kartu kredit. Untuk cara yang paling praktis tentu saja dengan menggunakan kartu kredit.
Apa saja yang Anda perlukan untuk memanfaatkan E-commerce? Jika Anda orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet maka yang dibutuhkan saat ini rata-rata hanya akses internet dan interface-nya menggunakan web browser. Dari web browser Anda bisa browsing ke situs-situs e-commerce (misalnya www.bhinneka.com), Anda pilih barang, Anda membayarnya dan Anda tinggal menunggu barang tersebut dikirim.
Jika Anda orang yang ingin membangun usaha e-commerce maka Anda butuh beberapa infrastruktur seperti website, software shopping cart untuk melayani penjualan di web dan kemudian jasa payment gateway yang akan melayani pembayaran dari pembeli. Untuk penjelasan secara detail tidak akan dibahas disini, mungkin akan dibahas pada kesempatan yang lain.
Demikian tulisan singkat mengenai apa itu e-commerce. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Jika ada saran dan komentar silakan dikirimkan ke sony-ak@sony-ak.com. Untuk membaca tulisan menarik lainnya silakan menuju ke www.sony-ak.com.

Tidak ada komentar: